Friday, June 6, 2014

Manfaat Buah dan Sayur



Buah dan sayur merupakan makanan yang sangat menyehatkan. Banyak para peneliti yang telah meneliti apa saja kandungan yang terdapat dalam buah dan sayur. Buah dan sayur kaya dengan berbagai zat kimia aktif dan nutrisi. Zat kimia aktif yang terkandung dalam buah dan sayuran disebut phytochemicals, sedangkan zat nutrisi yang terkandung di dalamnya disebut phytonutriens.
Buah merupakan sumber yang mengandung sejumlah zat antioksidan dan fitokimia seperti vitamin C, flavonoid, karoten, dan poliphenol. Beberapa buah juga menadung gula alami seperti fruktosa dan glukosa yang cukup banyak. Sayuran mengandung karbohidrat, lemak, serat. Protein dan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.
Buah dan sayuran dapat memberikan dan memenuhi zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan berbagai zat fitokimia dan fitonutrisi-nya buah dan sayuran bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah dan sayur :
·       Gudang vitamin dan mineral. Buah-buahan dan sayuran mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan Anda, mulai dari vitamin A (betakaroten), C, magnesium, zinc, fosfor, hingga asam folat.
·        Serat melimpah. Buah-buahan dan sayuran rendah lemak, memiliki kandungan minim garam, sedikit gula, dan sumber yang bagus untuk memperoleh serat pangan. Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah banyak turut membantu Anda mengurangi obesitas, menurunkan kolesterol, memelihara stabilitas tekanan darah, dan melindungi Anda dari ancaman kanker.
·     Tangkal penyakit. Buah-buahan dan sayuran mengandung fitokemikal, komponen biologi aktif yang membantu tubuh Anda melindungi diri dari berbagai jenis penyakit. Berbagai hasil penelitian menunjukkan, jika Anda mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur secara rutin, Anda akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi.

Sumber :

1 comment: