Perusahaan merupakan
suatu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga
kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output)
kepada pelanggan. Hampir di semua perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yaitu
memaksimalkan laba. Agar suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik dan efisien
diperlukan beberapa metode mengelola bisnis yang efektif.
·
Kepemimpinan
Salah satu keterampilan yang paling penting bahwa
setiap manajer yang efektif perlu memiliki kemampuan dalam hal kepemimpinan dan
manajemen. Tanpa kepemimpinan yang tepat bisnis dapat menggelepar. Pemimpin perlu
untuk membuat keputusan yang baik dan memecahkan masalah. Menjadi pemimpin yang
baik tidak berarti bahwa seorang pemimpin harus menanggung semua tanggung jawab
dan resiko di pundak sendiri. Melainkan berarti bahwa pemimpin harus mampu
mendelegasikan tanggung jawab dan memastikan bahwa karyawannya melakukan semua
tugas-tugas yang telah ditetapkan secara efektif. Satu hal penting untuk
diingat adalah ketika mengelola bisnis, pemimpin bertanggung jawab untuk
membuat strategi dalam rangka membangun usaha daripada belajar tentang apa yang
membuat bisnis bagus. Banyak orang lupa bahwa salah satu tugas yang paling
penting dari seorang pemimpin tidak hanya untuk memastikan bahwa bisnis
dijalankan dengan lancar, tetapi juga harus memberi keuntungan. Seorang pemimpin
harus berpikir tentang peluang dan kemungkinan yang akan memungkinkan bisnisny
auntuk tumbuh.
·
Manajemen Karyawan
Tugas seorang manajer adalah untuk memastikan bahwa
karyawannya termotivasi dan memberikan yang terbaik untuk pekerjaan mereka. Pastikan
bahwa karyawan puas dan tahu bahwa seoarang manajer selalu ada untuk membantu
memecahkan masalah mereka. Manajemen karyawan yang baik juga mensyaratkan bahwa
manajer memperlakukan karyawan dengan hormat. Hindari menegur atau
mempermalukan karyawan di depan karyawan lain atau pelanggan. Jangan masuk dalam
perselisihan kecil dengan mereka atau bahkan perang mulut. Kualitas yang baik
seperti ini dalam mengelola bisnis akan memastikan bahwa manajer mendapatkan
rasa hormat dari karyawannya.
·
Pemasaran Bisnis
Salah satu tugas utama dari seorang manajer adalah
memastikan bahwa pemasaran dan pengiklanan bisnis berjalan dengan baik. Ini sangat
penting untuk meraup sukses dalam menjalankan bisnis. Ketika mencoba untuk
mengelola sebuah bisnis, penting untuk mempelajari tentang pemasaran bisnis
seperti riset pasar yang tepat, layanan pelanggan yang baik, memutuskan target,
kemasan yang menarik dan harga yang sesuai, iklankan bisnis dengan benar, dll. Adapun
teknik untuk pemasran yaitu seperti iklan di koran, radio, situs jejaring
sosial, dll.
·
Kesadaran tentang Peraturan
Keterampilan manajerial yang efektif perlu
dikombinasikan dengan kesadaran tentang hukum dan peraturan yang perlu pemimpin
ikuti untuk memastikan bahwa bisnisnya tidak menjadi salah satu organisasi yang
dibebankan dengan non-kepatuhan. Membayar pajak tepat waktu dan memahami proses
perpajakan. Asuransikan bisnis tersebut terhadap setiap kemungkinan kecelakaan.
Sebagai seorang pemimpin, ada beberapa keputusan penting yang harus dibuat,
meliputi pemilihan asuransi yang tapat untuk bisnis. Hal ini juga penting bahwa
pemimpin setidaknya memahami legalitas yang terhubung ke bisnisnya. Memahami hukum
yang melindungi dan mengetahui sumber daya apa sajakah yang tersedia.
Tata Kelola
Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG)
- Keterbukaan /
Transparansi (transparency)
Transparansi (transparency) mengandung unsur
pengungkapan (disclosure) dan penyediaan informasi yang memadai dan mudah
diakses oleh pemangku kepentingan. Transparansi diperlukan agar Perusahaan
menjalankan bisnis secara objektif dan sehat. Perusahaan harus mengambil
inisiatif untuk mengungkapkan tidak hanya masalah yang disyaratkan oleh
peraturan perundang-undangan, tetapi juga hal penting untuk pengambilan
keputusan oleh pemegang saham, pemegang polis dan pemangku kepentingan lainnya.
- Akuntabilitas
Akuntabilitas (accountability) mengandung unsur kejelasan
fungsi dalam organisasi dan cara mempertanggungjawabkannya. Perusahaan harus
dapat mempertanggungjawabkan kinerjanya secara transparant dan wajar. Untuk itu
Perusahaan harus dikelola secara benar, terukur dan sesuai dengan kepentingan
Perusahaan dengan tetap memperhitungkan kepentingan Pemegang Saham dan pemangku
kepentingan lain. Akuntabilitas merupakan prasyarat yang diperlukan untuk
mencapai kinerja yang berkesinambungan.
- Responsibilitas
Dalam hubungan dengan asas responsibilitas
(responsibility), Perusahaan harus mematuhi peraturan perundang-undangan serta
melaksanakan tanggung-jawab terhadap masyarakat dan lingkungan sehingga dapat
terpeliharaan kesinambungan usaha dalam jangka panjang dan mendapat pengakuan
sebagai warga korporasi yang baik (good corporate citizen).
- Independensi
Dalam hubungan dengan asas independensi
(independency), Perusahaan harus dikelola secara independent sehingga
masing-masing organ Perusahaan beserta jajarannya tidak boleh saling
mendominasi dan tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun.
- Kewajaran dan
Kesetaraan
Kewajaran dan kesetaraan (fairness) mengandung unsur
kesamaan perlakuan dan kesempatan. Dalam melaksanakan kegiatannya, Perusahaan
harus senantiasa memperhatikan kepentingan Pemegang Saham dan pemangku
kepentingan lainnya berdasarkan asas kewajaran dan kesetaraan.
Sumber :
No comments:
Post a Comment