Sunday, March 29, 2015

Pencahyaan dan Bayangan

Kelas : 3IA01

Anggota Kelompok :
Ahmad Firdha Shafridhi
Marcellina Yoanita
Maulida Nurul Fauziah S
Mukhlis Wicaksono

     Pencahayaan merupakan teknik untuk memberikan penerangan dengan tujuan apabila terdapat suatu objek, objek tersebut dapat terlihat dengan jelas (bentuk dan warna). Sedangkan bayangan adalah refleksi dari seuatu objek yang terkena cahaya dimana refleksi tersebut tidak sama persis dengan objek sesungguhnya karena efek dari paparan cahaya yang didapat. Untuk lebih jelas maka dibuat suatu objek dengan lingkungannya dengan menggunakan software Blender. Objek yang dibuat berupa sebuah box dengan alasnya. 
       Dalam gambar digunakan jenis penerangan Lamp dan Point. Lamp merupakan jenis pencahayaan yang benar-benar seperti lampu pada ruangan sedangkan Point adalah  jenis pencahayaan yang menyebar dari satu titik kesegala arah.
     Dapat dilihat dalam gambar terdapat objek sebuah box dengan bayangannya. Bayangan diatas terbentuk dari cahaya yang diberikan dan dari sisi mana kamera diletakkan. Objek yang terkena cahaya hanya bagian atas dan 2 bagian sisi, selebihnya tidak terkena cahaya. Mengapa hanya bagian itu saja yang terlihat? Ini dikarenakan fokus kamera hanya diletakkan pada sisi tersebut, maka bagian itu saja yang hanya dapat ditangkap oleh kamera. Bayangan yang di dapat berasal dari bagian atas dan sisi kiri objek. Bayangan tersebut terbentuk berasal dari cahaya yang diletakkan pada sisi kamera (Lamp) dan sisi objek (Point) sehingga terbentuklah bayangan seperti digambar.

No comments:

Post a Comment