Sunday, December 29, 2013

Manfaat Google Maps


Sekarang ini teknologi internet sudah sangat meningkat, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita dalam melakukan surfing di dunia maya. Salah satunya adalah aplikasi yang dibuat oleh salah satu perusahaan Amerika, Google Inc. Google banyak sekali melahirkan aplikasi-aplikasi mulai dari aplikasi untuk pencarian, komunikasi, hingga aplikasi untuk telepon genggam yang sekarang ini sangat popular di Indonesia. Adapun aplikasi-aplikasinya seperti Google Maps, Google Search, Google Earth dan Google Books, Gmail, Google+, Google Chrome, dan yang lainnya. Adanya aplikasi-aplikasi tersebut memudahkan kita dalam melakukan pencarian informasi maupun untuk berkomunikasi. Begitu banyaknya aplikasi yang disediakan Google membuat google menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh para browser.
Pada tulisan kali ini, penulis ingin memaparkan tentang salah satu aplikasi pencarian dari Google yaitu Google Maps dalam hal manfaatnya.  Google Maps merupakan sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online yang dapat diperbesar dan diperkecil yang disediakan oleh Google. Google Maps tersedia pada aplikasi mobile, komputer tablet dan personal komputer. Google Maps berupa peta yang dapat menampilkan alur jalan dan nama jalan pengguna berada ataupun tuju. Google Maps dirancang untuk memudahkan para pengguna yang ingin mengetahui jalur-jalur lalu lintas tanpa harus berlama-lama mencari satu persatu daerahnya pada peta kertas. Dengan menggunakan Google Maps pengguna bisa langsung megetahui tempat atau jalan yang di tuju dengan cara memasukkan nama jalan atau tempat tersebut pada kolom search. Agar aplikasi ini bisa digunakan harus terhubung dengan jaringan internet.
Google Maps memiliki banyak manfaat berikut ini beberapa manfaat umum dari Google Maps. Manfaat pertama sebagai alat petunjuk jalan. Ini sangat berguna ketika pengguna tengah menuju suatu tempat yang tidak begitu dikenal daerahnya. Dengan menggunakan aplikasi Google Maps, pengguna bisa langsung mendeteksi daerah tersebut, dan melihat nama-nama daerahnya beserta jalur-jalurnya tanpa harus bingung bertanya.
Manfaat kedua sebagai alat untuk mencari keberadaan tempat. Misalnya ketika sedang dalam perjalanan travelling,traveller merasa lelah dan butuh istirahat namun dia tidak mengetahui dimana keberadaan rest area. Maka dengan menggunakan aplikasi Google Mapstraveler bisa langsung mencari tempat istirahat, setelah itu dalam peta virtual tersebut akan ditampilkan dimana letak tempat yang dicari.
Sebagai alat untuk mengukur jarak tempuh. Misalnya digunakan saat pengguna tengah dalam keadaan cukup mendesak pergi kesuatu tempat, tetapi pengemudi tidak bisa memperkirakan jarak dari tempat satu ketempat lainnya, maka dengan menggunakan aplikasi Google Maps pengemudi bisa memperhitungkan jarak dan waktu yang akan ditempuh selama perjalanan.
Itulah beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi Google Maps. Dengan manfaat adanya Google Maps dapat membantu para pengguna untuk dapat mengetahui dimana keberadaannya, menentukan jalan ketika tersesat, dan untuk menemukan tempat yang dicari. Aplikasi Google Maps sudah banyak terdapat pada gadget baik personal komputer hingga telepon genggam. Bahkan mobil sekarang telah menggunakan GPS yang dikalibrasikan dengan Google Maps sebagai petunjuk jalan sehingga lebih efisien ketika tengah dalam keadaan terdesak. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play bagi pengguna Android, iTunes ataupun AppStore bagi pengguna  IPhone, sedangkan untuk komputer dapat secara langsung meangakses websaitenya yaitu https://mpas.google.com/. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang diberikan oleh Google Inc.

Sumber :
http://www.anneahira.com/map-google.htm
http://news.palcomtech.com/2012/11/mengenal-dan-menjalankan-google-maps/

No comments:

Post a Comment