Dewasa
ini perkembangan dunia teknologi semakin meningkat. Salah satu perkembangan ini
meliputi alat komunikasi berupa media sosial. Media sosial yang banyak
bermunculan saat ini berupa Facebook ,Twitter, Instagram, Path, WhatsApp, LINE, Yahoo, Gmail, dan lain sebagainya. Adanya
kemudahan dalam penggunaannya, membuat media ini banyak digunakan oleh
khalayak, baik itu dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Kebanyakan dari
mereka, menggunakan media ini untuk berkomunikasi dengan sesama teman, baik
teman lama maupun teman baru dan untuk
memperbanyak teman. Tidak hanya itu fungsi dari penggunaan media sosial,
kita pun dapat melalukan penjualan, pemasangan iklan, bermain game, dan lain
sebagainya.
Pada
kesempatan kali ini, penulis ingin membahas mengenai salah satu fungsi dari
penggunaan media sosial sebagai wadah untuk melakukan penjualan dengan
pemasangan iklan khususnya didalam jejaring sosial Facebook .Facebook merupakan
salah satu jejaring sosial yang marak digunakan sebagai alat komunikasi pada
zaman sekarang. Seiring berjalannya waktu, perkembangan fitur-fitur pada Facebook kian hari kian meningkat. Facebook pada awal mulanya hanya bisa
digunakan untuk chat, kemudian
diperbaharui kembali dengan penambahan fitur games, semakin berkembang hingga sampai sekarang didalam Facebook banyak terdapat iklan-iklan yang biasanya
hanya muncul pada blog-blog atau televisi. Adapun fungsinya sebagai sarana
untuk melakukan penjualan dan pemasangan iklan, semakin menambah kemudahan para
pembisnis untuk melebarkan bisnisnya. Mereka dapat melakukan kegiatan bisnisnya
menggunakan Facebook sebagai alat
perantara penjualan dan pemasangan iklan. Penjualan adalah suatu kegiatan
transaksi penukaran barang yang dilakukan oleh dua belah pihak yang terkait
pada satu waktu dan tempat tertentu. Penjualan bisa berupa transaksi langsung
maupun tidak langsung. Transaksi langsung seperti proses pertukaran barang
antar penjual dan pembeli di pasar yang langsung berhadapan. Sedangkan untuk
transaksi tidak langsung seperti penjualan online
shopping yang menggunakan media sosial Facebook
sebagai perantara antar penjual dan konsumen dalam melakukan transaksi.
Untuk melakukan kegiatan tersebut, pihak penjual terlebih dahulu harus membuat
promosi barangnya dengan pemasangan iklan. Iklan adalah suatu bentuk pengenalan
atau promosi suatu barang atau hal kepada khalayak sehingga dapat diketahui
keberadaanya. Untuk pengenalannya iklan-iklan tersebut dapat dipasang di Facebook baik secara gratis maupun berbayar.
Untuk yang gratis penjual bisa mengiklankannya dengan cara menambahklan link website ketika hendak mengupdate status sehingga dapat dilihat
oleh banyak orang, sedangkan yang berbayar penjual dapat melakukan kerjasama
dengan pihak Facebook untuk memasang iklan tersebut agar tercantum
didalam Facebook. Iklan-iklan yang
ada antara lain situs belanja online
(lazada, tokobagus, zalora, dan lain sebagainya), produk-produk kecantikan, dan
iklan lainnya. Dengan adanya iklan-iklan tersebut, memudahkan para konsumen
yang tidak tahu menjadi tahu ataupun yang sudah tahu tentang toko online ataupun produk tersebut untuk
dapat mengakses secara langsung melaui Facebook
.
Dari
adanya kegunaan Facebook ini, membuat Facebook semakin banyak
penggunanya. Kegunaan Facebook pun banyak memberikan dampak positif, salah
satunya sebagai wadah untuk melakukan penjualan dan pemasangan iklan seperti
yang dijelaskan diatas. Dampaknya pun dapat dirasakan oleh pengguna, penjual,
dan pihak Facebook. Dengan adanya
iklan-iklan tersebut pengguna menjadi lebih efisien dalam mengakses situs iklan
tersebut tanpa perlu mencari situs-situsnya terlebih dahulu. Bagi penjual dan
pihak Facebook, keduanya mendapatkan
timbal balik yang menguntungkan. Pihak penjual mendapat keuntungan dengan semakin
populernya produk mereka dan meningkatnya penjualan yang ada. Sedangkan bagi
pihak Facebook, adanya royalti yang
diterima dari pemasangan iklan tersebut menambah keuntungan mereka selain dari
semakin meningkatnya pengguna Facebook. Mudahnya pengaksesan yang dilakukan setiap
hari membuat Facebook dicap sebagai media sekunder bagi pengguna
untuk saling berberbagi dan bertukar informasi setiap saat.
No comments:
Post a Comment