Sunday, December 29, 2013

Penjualan dengan Pemasangn Iklan pada Facebook


Dewasa ini perkembangan dunia teknologi semakin meningkat. Salah satu perkembangan ini meliputi alat komunikasi berupa media sosial. Media sosial yang banyak bermunculan saat ini berupa Facebook ,Twitter, Instagram, Path, WhatsApp, LINE, Yahoo, Gmail, dan lain sebagainya. Adanya kemudahan dalam penggunaannya, membuat media ini banyak digunakan oleh khalayak, baik itu dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Kebanyakan dari mereka, menggunakan media ini untuk berkomunikasi dengan sesama teman, baik teman lama maupun teman baru dan untuk  memperbanyak teman. Tidak hanya itu fungsi dari penggunaan media sosial, kita pun dapat melalukan penjualan, pemasangan iklan, bermain game, dan lain sebagainya.
Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membahas mengenai salah satu fungsi dari penggunaan media sosial sebagai wadah untuk melakukan penjualan dengan pemasangan iklan khususnya didalam jejaring sosial Facebook .Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang marak digunakan sebagai alat komunikasi pada zaman sekarang. Seiring berjalannya waktu, perkembangan fitur-fitur pada Facebook kian hari kian meningkat. Facebook pada awal mulanya hanya bisa digunakan untuk chat, kemudian diperbaharui kembali dengan penambahan fitur games, semakin berkembang hingga sampai sekarang didalam Facebook  banyak terdapat iklan-iklan yang biasanya hanya muncul pada blog-blog atau televisi. Adapun fungsinya sebagai sarana untuk melakukan penjualan dan pemasangan iklan, semakin menambah kemudahan para pembisnis untuk melebarkan bisnisnya. Mereka dapat melakukan kegiatan bisnisnya menggunakan Facebook sebagai alat perantara penjualan dan pemasangan iklan. Penjualan adalah suatu kegiatan transaksi penukaran barang yang dilakukan oleh dua belah pihak yang terkait pada satu waktu dan tempat tertentu. Penjualan bisa berupa transaksi langsung maupun tidak langsung. Transaksi langsung seperti proses pertukaran barang antar penjual dan pembeli di pasar yang langsung berhadapan. Sedangkan untuk transaksi tidak langsung seperti penjualan online shopping yang menggunakan media sosial Facebook sebagai perantara antar penjual dan konsumen dalam melakukan transaksi. Untuk melakukan kegiatan tersebut, pihak penjual terlebih dahulu harus membuat promosi barangnya dengan pemasangan iklan. Iklan adalah suatu bentuk pengenalan atau promosi suatu barang atau hal kepada khalayak sehingga dapat diketahui keberadaanya. Untuk pengenalannya iklan-iklan tersebut dapat dipasang di Facebook baik secara gratis maupun berbayar. Untuk yang gratis penjual bisa mengiklankannya dengan cara menambahklan link website ketika hendak mengupdate status sehingga dapat dilihat oleh banyak orang, sedangkan yang berbayar penjual dapat melakukan kerjasama dengan pihak Facebook  untuk memasang iklan tersebut agar tercantum didalam Facebook. Iklan-iklan yang ada antara lain situs belanja online (lazada, tokobagus, zalora, dan lain sebagainya), produk-produk kecantikan, dan iklan lainnya. Dengan adanya iklan-iklan tersebut, memudahkan para konsumen yang tidak tahu menjadi tahu ataupun yang sudah tahu tentang toko online ataupun produk tersebut untuk dapat mengakses secara langsung melaui Facebook .
Dari adanya kegunaan Facebook  ini, membuat Facebook  semakin banyak penggunanya. Kegunaan Facebook  pun banyak memberikan dampak positif, salah satunya sebagai wadah untuk melakukan penjualan dan pemasangan iklan seperti yang dijelaskan diatas. Dampaknya pun dapat dirasakan oleh pengguna, penjual, dan pihak Facebook. Dengan adanya iklan-iklan tersebut pengguna menjadi lebih efisien dalam mengakses situs iklan tersebut tanpa perlu mencari situs-situsnya terlebih dahulu. Bagi penjual dan pihak Facebook, keduanya mendapatkan timbal balik yang menguntungkan. Pihak penjual mendapat keuntungan dengan semakin populernya produk mereka dan meningkatnya penjualan yang ada. Sedangkan bagi pihak Facebook, adanya royalti yang diterima dari pemasangan iklan tersebut menambah keuntungan mereka selain dari semakin meningkatnya pengguna Facebook.  Mudahnya pengaksesan yang dilakukan setiap hari membuat Facebook  dicap sebagai media sekunder bagi pengguna untuk saling berberbagi dan bertukar informasi setiap saat.

No comments:

Post a Comment