Sunday, December 29, 2013

Toko Belanja Online


Apakah anda menyukai berbelanja? Pastinya tidak seorangpun mengelak menjawab iya untuk pertanyaan ini. Berbelanja adalah suatu aktivitas yang dilakukan demi mendapatkan suatu barang dengan penukaran sejumlah uang. Kegiatan satu ini merupakan kegiatan yang paling menyenangkan, tidak hanya bagi kaum hawa, kaum adam bahkan anak-anak pun senang berbelanja. Dimana dalam berbelanja, kita dapat membeli barang-barang yang kita ingin dan kita butuhkan. Banyak sekali tempat yang tersedia untuk berbelanja dalam memeuhi kebutuhan, seperti pasar, mall, supermarket dan lain sebagainya. Namun tempat-tempat tersebut sekarang ini memiliki pesaing baru yang cukup menjamin yaitu toko belanja online .
Siapa yang tidak tahu toko berbelanja online  atau istilah lainnya online  shopping? Pasti rata-rata pembaca tahu. Namun bagi yang tidak tahu, online  shopping merupakan suatu bentuk toko yang menjual barang tetapi tempatnya bukan di suatu daerah melainkan berada pada suatu website yang ada didunia maya. Banyak sekali situs-situs belanja online  mulai dari yang menjual pakaian, barang-barang elektronik, hingga kebutuhan rumah tangga. Adapun toko berbelanja online  diantaranya Tokobagus.com, ZALORA, Lazada, Berniaga.com, Bhineka.Com, Alfaonline , dan lain sebagainya. Untuk melakukan belanja pada toko online  tersebut anda dapat mengaksesnya langsung melalui website toko online  yang diinginkan. Syarat dan ketentuan-ketentuan dalam belanja biasanya tertera pada website toko online  tersebut.
Adapun manfaat yang didapat dari toko online  tersebut ialah, pertama aktivitas belanja kita lebih efisien, maksudnya kita tidak perlu jauh-jauh keluar rumah  untuk berbelanja, cukup bisa dilakukan dirumah dengan mengakses website toko online. Kedua, kita dapat mengunjungi dua atau lebih toko online  tanpa harus lelah berpindah-pindah tempat. Ketiga, kita bisa membandingankan harga toko online  pertama dengan toko online  kedua, sehingga anda bisa memilih mana yang lebih sesuai dengan jumlah budget yang anda miliki. Keempat, kita bisa memilih-milih barang dengan lama. Kelima, tidak perlu mengantri untuk membayar, karena biasanya pada toko belanja online  pembayaran bisa dilakukan dengan transfer.
Namun setiap sesuatu yang baru pasti memiliki kekurangan. Kekurangan dari toko belanja online  ialah, kurangnya sosialisai dengan orang lain karena tidak berhadapan langsung dengan penjual ketika berbelanja, adanya penipuan, terkadang barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang diharapkan karena tidak memegang langsung barang yang ingin dibeli, dan membutuhkan waktu yang cukup lama dari berbelanja biasa karena proses pengiriman barang yang memakan waktu.
Semakin banyaknya bermunculan toko belanja online , semakin banyak pula peluang adanya penipuan. Untuk dapat menghindarinya, calon pembeli harus lebih pintar dan berhati-hati dalam memilih toko belanja online . Pilihlah toko yang benar-benar terjamin keamannya seperti terdapatnya gambar gembok pada status bar website toko online  tersebut, dimana tanda itu menandakan bahwa website tersebut aman dari kejahatan dunia maya. Kemudian mintalah rekomendasi dari teman yang memiliki pengalam belanja online. Perhatikan protokol yang ada saat diminta untuk memasukkan nomor rekening, apabila https berarti website tersebut memiliki keamanan yang dapat dipercaya. Itulah sedikit penjelasan mengenai toko belanja online  beserta manfaat dan kekurangannya. Selamat mencoba bagi yang penasaran untuk berbelanja online. 

Sumber :
http://www.tokobajurasya.com/blog/keuntungan-dan-kerugian-dalam-belanja-online

No comments:

Post a Comment